Senin, 11 Februari 2013

Keadaan Sosial Budaya


Jumlah penduduk Desa Bhuana Giri berdasarkan hasil sensus pada tahun 2010, adalah sebanyak 6.502 jiwa, terdiri dari 3.293 jiwa penduduk laki-laki dan 3.209 jiwa penduduk perempuan, yang terdiri dari 1.722 RT. Sedangkan jumlah RTM sabanyak 1.060 RTM.

Struktur penduduk menurut pendidikan menunjukkan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki Desa Bhuana Giri yaitu yang berusia pada usia pendidikan dasar 7 tahun s/d 16 tahun (pendidikan sekolah dasar dan menengah)  yang belum pernah sekolah 15 %, sedang mengikuti pendidikan 64 % dan sisanya  21 % tidak bersekolah lagi.

Sedangkan yang berusia di atas 16 tahun  (diatas usia pendidikan dasar) yang belum pernah sekolah 50 %, sedang mengikuti pendidikan 12 % dan sisanya 38 % tidak bersekolah lagi, baik pada tingkat lanjutan dan perguruan tinggi. 

Struktur penduduk menurut mata pencaharian menunjukkan bahwa sebagian besar penduduk menggantungkan sumber kehidupannya di sektor pertanian 74 %, sektor lain yang menonjol dalam penyerapan tenaga kerja adalah perdagangan 4 %, sektor industri rumah tangga dan pengolahan 3 %, sektor jasa 5 % dan sektor lainnya seperti pegawai negeri, karyawan swata dari berbagai sektor 14 %. Adapun struktur penduduk menurut agama menunjukkan semua penduduk Desa Bhuana Giri memeluk agama Hindu.

Dalam konteks ketenagakerjaan ditemukan bahwa 63 % penduduk usia kerja, yang di dalamnya 85 % sudah bekerja dan 15 % belum bekerja/menganggur.

Kebudayaan daerah Desa Bhuana Giri tidak terlepas dan selalu diwarnai oleh Agama Hindu dengan konsep “Tri Hita Karana” (hubungan yang selaras, seimbang dan serasi antara manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusia dan manusia dengan lingkungannya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar